Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry
Vol. 11 No. 2 (2019): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry

Efektifitas Model Pembelajaran Problem Base Learning Berbantukan Multimedia Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

Herijon Muhammad Syahril (Universitas Jambi)
Muhaimin Muhaimin (Universitas Jambi)
Ngatijo Ngatijo (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2019

Abstract

[Effectiveness Of Using Multimedia with Problem Base Learning Models to Increase Students Problem Solving Skill]. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang efektifitas pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian campuran jenis Exploratory Sequential Design. Penelitian ini akan mendapatkan data kualitatif dan kuantitatif yang keduanya akan digabung untuk memperoleh data yang lebih rinci dan saling menguatkan. Berdasarkan hasil temuan pada penelitian ini didapatkan bahwa: (1) Kemampuan pemecahan masalah pada kelas PBL berbantuan multimedia lebih tinggi dibandingkan dengan kelas PBL. (2) Multimedia berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan nilai uji -t = 0.007. (3) Ketuntasan siswa pada kelas PBL berbantukan multimedia mencapai 88% sedangkan pada kelas PBL mencapai 50%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL berbantuan multimedia efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jisic

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Journal of the Indonesian Society of Integrated Chemistry (JISIC) accepts unpublished, high quality, and original research manuscripts in either English or Indonesian; resulting primarily from quantitative, qualitative, or mixed research in sync with Chemistry education. These issues include, but ...