Jurnal Mahasiswa Kesehatan
Vol. 1 No. 1 (2019): Oktober 2019

PERBEDAAN EFEKTIFITAS PEMBERIAN BUAH SEMANGKA DAN BUAH MELON TERHADAP TEKAKAN DARAH PADA WANITA MENOPAUSE PENDERITA HIPERTENSI DI DESA TIRON KECAMATAN BANYAKAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN 2018

Evi Handaya Ninsih (Program Studi Fakultas Ilmu Kesehatan, Program Kebidanan (DIV) Universitas Kadiri Jl. Selomangleng, No.1, Kediri)
Nara Lintan Mega Puspita (Program Studi Fakultas Ilmu Kesehatan, Program Kebidanan (DIV) Universitas Kadiri Jl. Selomangleng, No.1, Kediri)
Rahma Kusuma Dewi (Program Studi Fakultas Ilmu Kesehatan, Program Kebidanan (DIV) Universitas Kadiri Jl. Selomangleng, No.1, Kediri)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2020

Abstract

Hipertensi merupakan penyakit kardiovaskuler yang menjadi masalah kesehatan serius dan disebut the silent killer. Tujuan penelitian adalah mengetahui perbedaan efektifitas pemberian buah semangka dan buah melon terhadap tekanan darah pada wanita menopause penderita hipertensi di Desa Tiron Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri Tahun 2018. Desain penelitian menggunakan penelitian pre eksperimen pendekatan two-group Pretest-Posttest Design. Sampel sejumlah 16 orang diberikan buah semangka, 16 orang diberikan buah melon. Menggunakan teknik purposive sampling,pengumpulan data menggunakan data primer, dan di analisis menggunakan uji t-berpasangan dan uji efektifitas menggunakan uji independen sampel test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai mean tekanan darah sebelum dan sesudah pemberian buah semangka  yaitu mean sistolik 8,38 mmHg dan mean diastolik 5.13 mmHg dengan ρ-value 0,000 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dan ada perbedaan nilai mean tekanan darah sebelum dan sesudah pemberian buah melon  yaitu mean sistolik 20.25 mmHg dan mean diastolik 11.8 mmHg dengan ρ value 0,000 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian uji independen sampels test mean sitolik buag semangka 13.87 mmHg, mean sitolik buah melon 14.56 mmHg, dan mean diastolik buah semangka 4.19 mmHg buah melon 4.50 mmHg. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan ada pengaruh setelah pemberian buah semangka dan buah melon terhadap penurunan tekanan darah pada wanita menopause di Desa Tiron Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri Tahun 2018. Diharapkan kepada wanita menopause agar dapat mengkonsumsi buah melon dan buah semangka untuk mengontrol tekanan darah.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jumakes

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Jurnal Mahasiswa Kesehatan adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri yang diperuntukkan untuk penerbitan jurnal oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri. Publikasi jurnal mahasiswa yang memuat tulisan ilmiah hasil- hasil penelitian maupun ...