Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya
Vol 8, No 1 (2024): Januari 2024

Pendidikan Inklusif: Membangun Lingkungan Pembelajaran Yang Mendukung Kesetaraan Dan Kearifan Budaya

Umi Nadhiroh (Universitas Negeri Surabaya)
Anas Ahmadi (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2024

Abstract

Dalam era kemajuan pendidikan, tantangan dan peluang terus muncul, dan salah satu paradigma pendidikan yang semakin diperhatikan adalah pendidikan inklusif. Penelitian ini bertujuan untuk menyelami lebih dalam konsep pendidikan inklusif, menggali pentingnya membangun pembelajaran yang mendukung kesetaraan dan mengimplementasikan nilai-nilai kearifan budaya di dalamnya. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan studi kepustakaan. Pembelajaran inklusif yang menggabungkan kesetaraan dan kearifan budaya melibatkan berbagai strategi, termasuk penggunaan metode pembelajaran, kurikulum yang responsif terhadap budaya, partisipasi orang tua, dan penilaian yang beragam. Dengan menyatukan semua aspek, guru dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung kesetaraan, menghargai keberagaman budaya, dan memungkinkan setiap peserta didik untuk mencapai potensinya secara optimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JBSSB

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Budaya (Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya) merupakan jurnal yang dikelola oleh Fakultas Ilmu Budaya sebagai media publikasi ilmiah hasil penelitian dalam bidang bahasa, sastra, seni, dan budaya, termasuk pengajarannya. Terbit sebanyak empat kali setahun, yaitu pada bulan Januari, ...