Jurnal Kedokteran Meditek
Vol 28 No 2 (2022): MEI-AGUSTUS

Potensi Hibiscus sabdariffa Linn. Memodulasi GLP-1 dan Neuropeptide Y (NPY) di Nucleus Arcuatus pada Tikus Obes

Rickie (Departemen Fisiologi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta, Indonesia)
Neng Tine Kartinah (Departemen Fisiologi Kedokteran, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta, Indonesia)
Minarma Siagian (Departemen Fisiologi Kedokteran, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta, Indonesia)
Nurhadi Ibrahim (Departemen Fisiologi Kedokteran, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta, Indonesia)
Suci Anggraini (Program Magister Ilmu Biomedis, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 May 2022

Abstract

Gangguan pada pusat pengaturan nafsu makan dapat menyebabkan obesitas. Glucagon like Peptide -1 (GLP-1) dan Neuropeptide Y (NPY) merupakan dua peptida penting yang terlibat dalam pengendalian nafsu makan. Beberapa penelitian menunjukkan Hibiscus sabdariffa Linn. memiliki potensi dalam pengendalian obesitas dengan memodulasi kadar GLP-1 dan NPY di perifer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana potensi Hibiscus sabdariffa Linn.(HSL) dalam memodulasi kadar GLP-1 dan NPY di sentral khususnya di Nucleus Arcuatus. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan yang menggunakan jaringan otak tikus tersimpan yang berasal dari 24 ekor tikus Spraque Dawley jantan umur 6 -10 minggu, berat badan antara 90 -160 gram, yang dibagi dalam 4 kelompok yaitu: Normal(C); Obes(Ob); Obes-Hib200(Ob-Hib200); Obes-Hib400(Ob-Hib400). Ekstrak HSL diberikan secara oral satu kali per hari selama 5 minggu. Sampel diperoleh dari hasil isolasi ARC, kemudian dilakukan pengukuran kadar GLP-1 dan NPY menggunakan metode ELISA. Hasil penelitian menunjukkan ekstrak HSL dosis 400mg/KgBB/hari dapat meningkatkan kadar GLP-1 paling tinggi, dibandingkan dengan kelompok tikus lainnya, sekaligus dapat menurunkan kadar NPY dibandingkan dengan kelompok tikus Obes(Ob) dan Obes-Hib(200), meskipun secara analisis tidak terdapat perbedaan bermakna. Dosis ekstrak HSL berperan penting dalam efektifitasnya memodulasi kadar GLP-1 dan NPY di ARC untuk membantu mengendalikan nafsu makan sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya obesitas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Meditek

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Neuroscience Public Health

Description

Jurnal Kedokteran MEDITEK merupakan jurnal ilmiah yang mempublikasikan artikel-artikel dalam lingkup bidang kedokteran dan biomedik secara open access. Proses publikasi artikel melalui proses penelaahan oleh pakar sebidang (peer-review) secara double-blind. Jurnal Kedokteran Meditek berafiliasi pada ...