Spectrum: Multidisciplinary Journal
Vol. 1 No. 1 (2024): Spectrum: Multidisciplinary Journal

Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen: (Studi Kasus Produk Nike di Pt. Giordano Indonesia Tangerang)

Rizky Ananda (Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia)
Cornelia Dumarya Manik (Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Giordano Indonesia Tangerang. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik Sampling yang digunakan adalah accidental sampling dengan sampel sebanyak 96 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah Kualitas Produk berpengaruh signifikan Kepuasan Konsumen dengan persamaan regresi Y = 14.517 + 0.657 X1, koefisien korelasi sebesar 0,656 artinya kedua variabel mempunyai tingkat hubungan yang kuat. Nilai determinasi atau kontribusi pengaruh sebesar 0,430 atau 43,0% sedangkan sisanya 57,0% dipengaruhi faktor lain. Uji hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel (8,423 > 1,984) dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh signifikan antara Kualitas Produk (X1) terhadap Kepuasan Konsumen (Y) pada studi kasus produk Nike di PT Giordano Indonesia Tangerang. Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan Kepuasan Konsumen dengan persamaan regresi Y = 13.334 + 0.675 X2, koefisien korelasi sebesar 0,677 artinya kedua variabel mempunyai tingkat hubungan kuat. Nilai determinasi kontribusi pengaruh sebesar 0,459 atau 45,9% sedangkan sisanya 54,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Uji hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel (8.925 > 1,984) dengan demikian H0 ditolak dan H2 diterima artinya terdapat pengaruh signifikan Kualitas Pelayanan (X2) terhadap Kepuasan Konsumen (Y) pada studi kasus produk Nike di PT Giordano Indonesia Tangerang. Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan Kepuasan Konsumen dengan nilai persamaan regresi Y = 6.834 + 0.390 (X1) + 0.442 (X2). koefisien korelasi sebesar 0,746 artinya kedua variabel mempunyai tingkat hubungan yang kuat. Nilai determinasi atau kontribusi pengaruh sebesar 0,556 atau 55,6% sedangkan sisanya 44,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Uji hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel (58.194 > 3,090) dengan demikian H0 ditolak dan H3 diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan Kualitas Produk (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) terhadap Kepuasan Konsumen (Y) pada studi kasus produk Nike di PT Giordano Indonesia Tangerang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

spectrum

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Spectrum: Multidisciplinary Journal it is expected to demonstrate to the wider community the richness of the scientific treasury encompassing various dimensions of life. The scope and focus are related to research with a Multidisciplinary approach, which includes: Economics and Business, Mathematics ...