Pendidikan di Indonesia merupakan komponen penting suatu negara dalam upaya meningkatkan kualitas warganya. Pendidikan memiliki suatu komponen utama bahkan sering disebut jantungnya yang dapat mewujudkan dari tujuan pendidikan yang ingin dicapai, dan ini disebut kurikulum. Kurikulum merupakan acuan, pedoman atau seperangkat rencana pendidikan dalam mewujudkan peserta didik mencapai tujuan pendidikan. Sejalan dengan perubahan dan perkembangan zaman, kurikulum dalam pendidikan pun mengalami pengembangan. Pengembangan kurikulum merupakan bagian yang sangat penting (essensial) dalam segenap aktivitas pendidikan. Pengembangan kurikulum memberikan dampak terhadap ruang lingkup pendidikan secara mikro yaitu pembelajaran. Dalam penelitian studi pustaka ini penulis mencoba menggambarkan unsur-unsur dalam pengembangan kurikulum yaitu landasan kurikulum, dimensi kurikulum, prinsip kurikulum, komponen kurikulum, sumber kurikulum, model kurikulum dan implementasi kurikulum.
Copyrights © 2024