Jurnal Pendidikan
Vol 1 No 2 (2024): Artikel Pendidikan Bag.2

ANALISIS IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAHSEBAGAI BENTUK PENDIDIKAN ABAD KE-21PADA KELAS TINGGI DI SDIT PERSIS 99 RANCABANGO

Ayu, Ayu Faza Fauziyyah (Unknown)
Herdiana, Dodi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2024

Abstract

Abad ke-21 menjadi tantangan besar pada zaman ini, salah satunya  berdampak kepada bidang pendidikan. Pendidikan abad ke-21 menuntut siswa untuk dapat  menguasai berbagai keterampilan, salahsatunya adalah menguasai literasi. Gerakan Literasi Sekolah  (GLS) adalah sebagai upaya dalam menyikapi pendidikan abad ke-21 ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana  implementasi GLS; (2) Apa saja faktor pendukung dalam implementasi program GLS; (3) Apa saja faktor penghambat dari implementasi program GLS; (4) Bagaiamana upaya untuk mengatasi faktor penghambat tersebut; dan (5) Sejauh mana implementasi program GLS sebagai bentuk pendidikan abad ke-21. Penelitian ini dilakukan di SDIT Persis 99 Rancabango. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif desktriptif untuk menganalisis dan menggambarkan tujuan dari penelitian ini. Partisipan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, komite sekolah, guru dan siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Implementasi GLS di SDIT Persis 99 Rancabango  berada pada tahap pengembangan dengan kriteria baik; (2) Faktor pendukung implementasi GLS di SDIT Persis 99 Rancabango ini adalah kerjasama dan kolaborasi antara siswa, guru dan orangtua; (3) Faktor penghambat implementasi GLS di SDIT Persis 99 Rancabango ini adalah fasilitas, kreativitas guru, budaya siswa serta situasi dan kondisi; (4) Upaya  untuk mengatasi faktor hambatan adalah dengan mengoptimalkan  fasilitas yang ada, mengadakan pembinaan guru, menjalin komuikasi dan meningkatkan kolaborasi dengan siswa serta orang tua siswa; dan (5) Implementasi GLS sebagai bentuk pendidikan abad ke-21 di SDIT Persis 99 Rancabango berkategori sedang.   Kata Kunci: Pendidikan abad ke-21, Gerakan Literasi Sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

joe

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Other

Description

Journal of Education (JOE) adalah wadah bagi peneliti pendidikan yang ingin mempublikasikan hasil dari penelitiannya. Artikel yang kami himpun adalah artikel-artikel ilmiah dari berbagai jenis baik itu PTK, Skripsi, Tesis, Disertasi atau pun penelitian lainnya yang membahas tentang disiplin ...