Proses pembelajaran sangat berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Proses pembelajaran yang monoton akan membuat peserta didik jenuh dalam pembelajaran, akibatnya mereka tidak dapat memahami materi dan hasil belajarnya rendah. Oleh karena itu seorang guru harus dapat membuat pembelajaran yang membuat peserta didik semangat dan senang dalam proses pembelajaran. Guru dapat menggunakan berbagai model pembelajaran dan teori belajar yang sudah dirumuskan oleh para ahli. Ada beberapa teori pembelajaran yang sering diadopsi oleh guru yang bisa diimplementasikan dalam pembelajaran diantaranya teori behaviotistik, teori kognitif, teori konstruktivisme dan teori humanistik. Dalam jurnal ini akan membahas lebih dalam terkait rancangan pembelajaran yang berlandaskan teori konstruktivisme dan humanistik meliputi pengertian menurut para ahli, prinsip teorinya, karakteristiknya dan rancangan pembelajarannya. Metode analisis yang dilakukan dalam jurnal ini adalah studi pustaka, dengan cara mencari beberapa sumber yang telah diterbitkan oleh penulis/peneliti terkait teori pembelajaran diata
Copyrights © 2024