ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang tujuan pendidikan taksonomi bloom revisi serta implementasinya dalam pembelajaran. Pendekatan yang digunakan berupa pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka (library Research). Taksonomi Bloom merupakan suatu tingkatan dalam mengidentifikasikan keterampilan siswa dari jenjang yang dasar sampai yang tertinggi sebagaimana termuat dalam buku handbook. Namun demikian seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, teori taksonomi bloom kemudian mendapatkan revisi. Dari yang sebelumnya hanya terdapat dimensi pengetahuan, direvisi menjadi 2 dimensi yaitu dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan. Dimensi proses kognitif tersebut meliputi mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan. Sementara pada dimensi pengetahuan masih sama dengan sebelumnya yang meliputi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, serta metakognitif. Teori ini dapat di implementasikan dalam pembelajaran baik sebagai intruksi pengajaran maupun assesment dari analisis soal. Kata kunci: Revisi taksonomi Bloom, Implementasi dalam pembelajaran
Copyrights © 2024