ABSTRAK Taksonomi Bloom dirancang untuk digunakan dalam pendidikan. Benjamin S. Bloom membuat taksonomi ini pertama kali pada tahun 1956. Taksonomi ini kemudian direvisi oleh Lorin Anderson dan David Kratwohl pada tahun 2001. Taksonomi Bloom mengatur tujuan pendidikan berdasarkan tingkat keterampilan berpikir. Revisi taksonomi Bloom mengubah urutan tingkatan keterampilan berpikir dari mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta menjadi mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Perubahan ini dilakukan untuk lebih menekankan pada keterampilan berpikir tingkat tinggi.. Implementasi revisi taksonomi Bloom diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, sehingga siswa dapat mengembangkan keterampilan berpikir secara optimal dengan cara terbaik. Hal ini termasuk menentukan tujuan pembelajaran, memilih metode pembelajaran, menyusun materi pembelajaran, dan membuat instrumen penilaian. Kata Kunci: Taksonomi Bloom, taksonomi anderson dan revisi taksonomi.
Copyrights © 2024