Jurnal Pendidikan
Vol 1 No 2 (2024): Artikel Pendidikan Bag.2

PEMBELAJARAN TRANSFORMATIF DALAM KONTEKS KURIKULUM MERDEKA, LITERASI DAN NUMERASI DI SEKOLAH DASAR

Maria Lestari, Elsi Maria Lestari (Unknown)
Herdiana, Dodi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2024

Abstract

Dalam konteks kurikulum merdeka, literasi dan numerasi tetap menjadi fokus utama. Dengan mempertahankan keterampilan literasi dan numerasi sebagai elemen inti, pendidikan dapat memastikan bahwa siswa memperoleh fondasi pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk berpartisipasi secara aktif dalam masyarakat. Pembelajaran transformatif berbasis literasi dan numerasi di sekolah dasar dapat dilaksanakan dengan memberikan stimulus kepada siswa. Literasi dan numerasi merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki siswa sekolah dasar untuk menunjang kemampuan dalam bidang pendidikan, mencapai potensi dirinya, dan berpartisipasi dalam masyarakat. Artikel ini akan mengulas tentang konsep pembelajaran transformatif berbasis literasi dan numerasi pada anak sekolah dasar. Teori pembelajaran transformatif dan konsep literasi numerasi dijabarkan sebagai pengembangan konsep pembelajaran karena pembelajaran transformatif tidak hanya mentransfer ilmu pengetahuan tetapi juga melakukan perubahan khususnya pemahaman literasi dan numerasi.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

joe

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Other

Description

Journal of Education (JOE) adalah wadah bagi peneliti pendidikan yang ingin mempublikasikan hasil dari penelitiannya. Artikel yang kami himpun adalah artikel-artikel ilmiah dari berbagai jenis baik itu PTK, Skripsi, Tesis, Disertasi atau pun penelitian lainnya yang membahas tentang disiplin ...