Kemajuan teknologi dalam bidang pendidikan pada saat ini tidak dapat dihindari, bahwa telah membawa banyak sumber daya dan alat yang membuat pembelajaran lebih baik dan mempengaruhi cara guru mengajar dan belajar siswa. Guru Pendidikan Agama Islam dituntut untuk menerapkan teknologi pendidikan yang inovatif dan menyenangkan, sejalan dengan kemajuan teknologi dalam pembelajarannya. Penggunaan jenis evaluasi berbasis teknologi seperti wordwall dapat membuat proses evaluasi menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan game interaktif wordwall dalam evaluasi pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama Islam di SDN 1 Cimareme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, sumber data dalam penelitian ini meliputi dari tujuh informan dan dokumentasi, metode yang digunnakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penganalisaan data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk penganalisaan data peneliti menggunakan triangulansi metode yang melakukan pengecekkan kembali. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, SDN 1 Cimareme sudah menggunakan wordwall sebagai alat evaluasi pada saat evaluasi pembelajaran. Penggunaan wordwall ini mempermudah dan menarik minat peserta didik dalam kegiatan evaluasi yang menyenangkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Copyrights © 2024