Jurnal Pendidikan
Vol 1 No 2 (2024): Artikel Pendidikan Bag.2

Penerapan Evaluasi Formatif dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

ElRo, EL Rokhmah (Unknown)
Herdiana, Dodi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2024

Abstract

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang penting bagi siswa sekolah dasar. Matematika membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan analitis. Namun, pembelajaran matematika di sekolah dasar seringkali menghadapi berbagai tantangan, seperti kurangnya minat, motivasi, dan kepercayaan diri siswa; kesulitan dalam memahami konsep, prosedur, dan aplikasi matematika; serta rendahnya prestasi belajar matematika . Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran matematika di sekolah dasar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan evaluasi formatif dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif desktriptif. Penelitrian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung mencari sebuah makna dari data yang didapatkan dari hasil sebuah penelitian. Penerapan evaluasi formatif dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar dapat ditingkatkan dengan beberapa solusi, seperti meningkatkan sosialisasi, pelatihan, bimbingan, studi literatur, observasi, diskusi, refleksi, alokasi, motivasi, apresiasi, insentif, dan dukungan bagi guru, siswa, dan pihak terkait.   Kata kunci : matematika, evaluasi formatif

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

joe

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Other

Description

Journal of Education (JOE) adalah wadah bagi peneliti pendidikan yang ingin mempublikasikan hasil dari penelitiannya. Artikel yang kami himpun adalah artikel-artikel ilmiah dari berbagai jenis baik itu PTK, Skripsi, Tesis, Disertasi atau pun penelitian lainnya yang membahas tentang disiplin ...