"Desain" mengacu pada aktivitas, struktur, dan kerangka kerja yang sistematis. Ini adalah proses sistematis yang mengubah prinsip-prinsip pembelajaran menjadi materi dan aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan. Ini digunakan dalam konteks pembelajaran. Analisis lingkungan belajar siswa, desain prosedur pembelajaran, pembuatan materi pembelajaran, penerapan sistem pembelajaran, dan penilaian pembelajaran menyeluruh adalah semua bagian dari proses perencanaan desain pembelajaran, yang mencakup penentuan metode pembelajaran yang paling efisien untuk meningkatkan keterampilan siswa. Posisi teori dalam desain pembelajaran sangat penting karena memastikan pengembangan pengajaran yang sistematis dengan menggunakan teori yang tepat untuk menjamin kualitas pembelajaran. Pemilihan teori yang tepat adalah bagian penting dari desain pembelajaran karena teori membentuk pengalaman belajar yang sistematis dan komunikatif. Sebagai kesimpulan, abstrak ini memberikan gambaran umum tentang konsep desain pembelajaran, menekankan pentingnya teori dalam desain pembelajaran, dan membahas aplikasi dan kritik teori pembelajaran behaviorisme dan kognitifisme dalam pendidikan. Selain itu, tokoh-tokoh utama, prinsip-prinsip, dan kritiknya juga dibahas. Kata kunci : Desain Pembelajaran, Teori Pembelajaran, Behaviorisme, Kognitifisme.
Copyrights © 2024