Kondisi pandemi Covid-19 menuntut perubahan proses belajar mengajar dari belajar tatap muka disekolah menjadi belajar dari rumah melalui pembelajaran daring. Berkaitan dengan hal tersebut, selfregulationoflearningmemegangperananpentingdalampembelajaranpesertadidikkarenamembentukmerekauntukbagaimanaberinteraksi,merespon,danbereaksiselamaprosespembelajaran.Penelitianinibertujuanuntuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara self-regulation of learningmahasiswa dalam pembelajaran online dengan prestasi belajar. Populasi yang juga menjadi sampelpenelitian ini adalah 175 mahasiswa semester 3, 5, dan 7 Program Studi Pendidikan Bahasa InggrisFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya. Data dikumpulkan dengan menggunakankuesioner Self-Regulation (SR) dalam tiga jenis interaksi online dan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK).Data dianalisis menggunakan Korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi yangsangat lemah dan tidak signifikan antara kedua variabel (r= 0.104, p-value=0.169). Kata Kunci : self-regulation of learning, tiga jenis interaksi (mahasiswa dan materi, mahasiswa dan dosen,mahaiswa dan teman). Pembelajaran online, prestasi akademik.
Copyrights © 2021