Prosiding Seminar Nasional Unimus
Vol 4 (2021): Inovasi Riset dan Pengabdian Masyarakat Post Pandemi Covid-19 Menuju Indonesia Tangguh

Pengaruh Operating Capacity, Sales Growth, Arus Kas Dan Leverage Terhadap Financial Distress (Studi Empiris Perusahaan Jasa Sektor Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 20152020)

Siti Novianti Uswatun Khasanah (Unknown)
Fatmasari Sukesti (Unknown)
- Nurcahyono (Unknown)
- Hardiwinoto (Unknown)
- Alwiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membuktikan secara empiris faktor-faktoryang mempengaruhi Financial Distress dengan menggunakan variabel operating capacity, salesgrowth, arus kas dan leverage pada perusahaan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesiatahun 2015–2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilansampel menggunakan metode purposive sampling, yaitu pemilihan sampel dengan kriteria yangtelah ditentukan oleh peneliti. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan regresilinear berganda dengan bantuan program SPSS versi 25. Hasil dalam penelitian ini menunjukkanoperating capacity berpengaruh positif terhadap financial distress yang berarti rendahnya nilaioperating capacity maka akan menyebabkan financial distress. Sales growth dan arus kas tidakberpengaruh terhadap financial distress yang berarti besar kecilnya nilai sales growth dan arus kastidak mempengaruhi terjadinya financial distress. Leverage berpengaruh positif terhadap financialdistress, yang berarti tingginya nilai hutang maka akan menyebabkan financial distress.Kata kunci : operating capacity, sales growth, arus kas , leverage, financial distress .

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

semnas

Publisher

Subject

Humanities Engineering Health Professions Nursing Public Health

Description

Prosiding Seminar Nasional Unimus merupakan wadah publikasi hasil-hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang telah dipresentasikan pada Seminar Nasional Unimus yang diselenggarakan tahunan oleh Lembaga Penelitian dan pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Muhammadiyah ...