Masa remaja merupakan masa dimana seseorang sedang mengalami perubahan di dalam diri. Pada masa pubertas atau masa menjelang dewasa, remaja mengalami banyak pengaruh dariluar yang menyebabkan remaja terbawa pengaruh oleh lingkungan sekitar seperti bermain gameonline. Remaja yang memiliki intensitas tinggi dalam bermain game online, memungkinkanmemicu timbulnya motivasi belajar yang menurun. Motivasi belajar yang menurun pada remajaSMP disebabkan oleh beberapa hal yaitu masalah di sekolah dan hubungan dengan orang tuamaupun teman sebaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara lama penggunaangame online terhadap motivasi belajar pada remaja di SMP Negeri 1 Karangnongko. Penelitian inimerupakan penelitian kuantitatif non eksperimental, dengan desain penelitian korelasional denganpendekatan Cross Sectional. Responden penelitian terdiri dari 130 siswa SMP N 1 Karangnongko,yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuisioner. Metode analisis yang digunakan adalah kendall tau. HasilPenelitian menunjukkan ada hubungan lama penggunaan game online dengan motivasi belajarpada remaja di SMP N 1 Karangnongko. Hasil analisis dengan uji kendall tau didapatkan p value =0,000 berarti p value< 0,05. Nilai koefisien korelasi atau nilai r = -743**menunjukkan korelasinegatif yang kuat, berarti semakin tinggi penggunaan game online maka semakin menurun motivasibelajar pada remaja. Ada hubungan lama penggunaan game online terhadap motivasi belajar padaremaja di SMP N 1 Karangnongko. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Lama Pengguanaan Game Online, Remaja
Copyrights © 2021