Anthronomics: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia
Vol 1 No 1 (2024): Anthronomics: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien pada Puskesmas Citapen Kabupaten Bogor

Putri Oktaviani (Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia)
Ahmad Nurhadi (Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas kesehatan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Citapen Kabupaten Bogor, baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan kuesioner secara manual kepada pasien Puskesmas Citapen Kabupaten Bogor. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 111.862 pasien dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Hasil uji parsial (uji t) antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien menunjukkan nilai t hitung 3,126 > t tabel 1,661, untuk variabel fasilitas kesehatan terhadap kepuasan pasien menunjukkan nilai t hitung 3,005 > t tabel 1,661, sedangkan kedua variabel tersebut diuji secara simultan (uji F) dan mendapatkan hasil nilai F hitung 15,732 > F tabel 4,83. Regresi linear sederhana diperoleh persamaan regresi variabel kualitas pelayanan adalah Y = 4,604 + 0,866 X1. Variabel fasilitas kesehatan persamaan regresi sederhananya adalah Y = 29,942 + 0,494 X2. Sementara itu regresi liniear berganda menghasilkan persamaan Y = 3,624 + 0,641 X1 + 0,248 X2. Hasil korelasi secara parsial variabel kualitas pelayanan sebesar 0,956, fasilitas kesehatan 0,819. Hasil korelasi secara simultan sebesar 0,820. Sementara itu koefisien determinasi (R) diperoleh hasil kualitas pelayanan dan fasilitas kesehatan berpengaruh terhadap kepuasan pasien sebesar 0,673 atau 67,3%. Sedangkan sisanya sebesar 100-67,3 = 32,7%, dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dilakukan penelitian ini. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan fasilitas kesehatan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

anthronomics

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Anthronomics: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia adalah jurnal ilmiah yang berfokus pada manajemen sumber daya manusia (SDM). Jurnal ini menyajikan artikel-artikel ilmiah yang mencakup berbagai aspek manajemen SDM, seperti rekrutmen, seleksi, pelatihan, penilaian kinerja, kompensasi, dan topik ...