Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol 6, No 2 (2023)

PENGARUH PERANAN CUSTOMER SERVICE DAN FASILITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG PADA PT. BPRS AL-WASHLIYAH DI MEDAN

Khairani Khairani (Universitas Dharmawangsa)
Ngatno Sahputra (Universitas Dharmawangsa)
Ahmad Taufiq Harahap (Universitas Dharmawangsa)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh peranan customer service dan fasilitas produk terhadap keputusan nasabah menabung di PT. BPRS Al- Washliyah Medan. Penelitian ini menggunakan analisis uji regresi linear berganda, uji determinasi, uji t, dan uji f dengan bantuan alat uji SPSS versi 25.00 dengan sampel 30 nasabah PT.BPRS Al-Washliyah Medan. Hasil penelitian menjawab rumusan masalah yaitu terdapat pengaruh customer service (X1) terhadap keputusan nasabah menabung (Y) pada PT. BPRS Al-Washliyah Medan dan terdapat pengaruh fasilitas produk (X2) terhadap keputusan nasabah menabung (Y) pada PT. BPRS Al-Washliyah Medan. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui hasil Uji F dimana Fhitung = 60,872, sedangkan nilai Ftabel 3,35 sehingga Fhitung > Ftabel, atau H3 diterima dan H0 ditolak sehingga disimpulkan variabel customer service dan fasilitas produk secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel keputusan nasabah menabung di PT. BPRS Al-Washliyah Medan. Uji determinasi menunjukkan bahwa 81,8% keputusan nasabah menabung dipengaruhi variabel customer service dan fasilitas produk. Sementara sisanya 18,2% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti seperti promosi, lokasi dan lain- lain. Adapun dari hasil penelitian ini disarankan agar PT. BPRS Al-Washliyah Medan agar lebih meningkatkan lagi pelayanan customer service dan fasilitas produk.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bisnet

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Bisnisnet adalah Jurnal Ekonomi dan Bisnis yang ditertbitkan dan dikelola oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharmawangsa (FEB UNDHAR). Jurnal ini diharapakan dapat menjadi alat informasi dan sosialisasi mengenai hasil-hasil penelitian yang mempunyai relevansi dengan : Manajemen Pemasaran ...