Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi manajerial antara warung kopi (warkop) dan coffee shop dalam bertahan hidup di Bekasi. Penelitian ini akan menggunakan metode penelitian kualitatif, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi (pengamatan), wawancara, dan juga dokumentasi langsung di warung kopi (warkop) dan coffee shop di Bekasi. Membandingkan Fenomena Empiris Coffee Shop vs Warung Kopi umum di lapangan, yang memiliki perbedaan dari segi sumber daya manusia, fasilitas, lokasi, promosi, waktu, produk, dan detail harga yang tawarkan ini membuat persaingan antara Coffee shop dan Warung Kopi cukup ketat karena keduanya mempunyai pasar yang terpisah. Dan untuk mempertahankan usahanya atau bertahan hidup (survive), maka perlu memperhatikan dan meningkatkan fasilitas, serta pelayanannya seperti: tempat (place), produk (product), promosi (promotion), harga (price), juga dengan memperhatikan sumber daya manusia yang ada dari segi ketrampilan (skill), sikap (attitude), pengetahuan (knowledge), cara merekrut karyawan (recruitment) dan pelanggan (customer).
Copyrights © 2024