EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 1 (2024): February

Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pemanfaatan Video Animasi pada Materi Ciri Khusus Hewan

Rohman Rohman (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta)
Ana Fitrotun Nisa (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini berjudul Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Video Animasi Pada Materi Ciri Khusus Hewan. Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang rendah diakibatkan karena media yang digunakan dalam pembelajaran kurang tepat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas video animasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SD Negeri Gambaran. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimental yaitu dengan membandingkan hasil sebelum penerapan dan sesudah penerapan. Setelah dilaksanakan di Kelas 5 SD Negeri Gambaran bahwa penggunaan video animasi telah memenuhi uji normalitas sebelum melakukan uji hipotesis, dikarenakan data hasil belajar siswa tersebut telah memenuhi dan berdistribusi normal, nilai signifikansi yaitu 0,544 > 0,05, dan pada hasil analisis uji-t menunjukan bahwa nilai signifikansi dari uji hipotesis sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran animasi yaitu sig = 0,000. Nilai sig yaitu 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil analisis data penelitian di atas dan pembahasan yang telah diuraikan sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan video animasi dapat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas 5 di SD Negeri Gambaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...