EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 1 (2024): February

The Guidance Study Muqaddam (Alif Ba Ta) be Using Classic Method (Magrib Mengaji) for Preschool Childrens in Sipiongot

Mgr Sinomba Rambe (Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)
Ahmad Asron Mundofi (UIN SUKA Yogyakarta)
Faizah Nur Atika (UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto)
Munzir Munzir (Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)
Naila Intania (Universitas Wahid Hasyim Semarang)
Arlinda Ayu Diah Arfani (UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2024

Abstract

Rendahnya kemampuan membaca Muqaddam pada anak-anak prasekolah serta minimnya pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi kebutuhan mereka masih menjadi permasalahan yang larut dari waktu ke waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas Bimbingan Belajar Muqaddam (Alif Ba Ta) dengan mengaplikasikan Metode Klasik (Magrib Megaji) pada anak prasekolah di Desa Sipiongot menggunakan kolaborasi metode Repitasi dan Bermain Peran (Role Playing). Penelitian in menggunakan jenis kuantitatif dengan pendekatan studi kasus, bagi anak-anak Prasekolah dan guru-guru mengaji di Desa Sipiongot. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman huruf Arab dan kemampuan membaca Muqaddam anak-anak Prasekolah. Keberhasilan tersebut merupakan hasil dari pengaplikasian metode pembelajaran yang menyenangkan dan sekaligus mampu meningkatkan motivasi dan kretifitas anak-anak. Dengan begitu penggunaan metode Repitasi dan Bermain peran (Role Playing) dianggap sangat memberikan kontribusi yang besar bagi petkembangan kemampuan anak-anak prasekolah Desa Sipiongot dalam belajar Muqaddam (Alif Ba TA).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...