EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 1 (2024): February

Pengaruh Persepsi atas Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam

Rizka Fauziah (Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia)
Virgana Virgana (Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia)
Rina Hidayati Pratiwi (Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2024

Abstract

Sering terjadi dalam pembelajaran guru tidak memperhatikan strategi yang akan digunakan agar siswa dapat belajar dengan baik pada pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi atas kompetensi pedagogik guru dan motivasi terhadap prestasi belajar IPA siswa SMP Negeri di Kota Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan sampel sebanyak 88 siswa. Analisis hipotesis statistik yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPA siswa dengan skor sig = 0,001 < 0,05 dan skor F hitung = 743,705, terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar IPA siswa dengan skor sig = 0,001 < 0,05 dan skor t hitung = 15,755 dan terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPA siswa dengan skor sig = 0,001 < 0,05 dan skor t hitung = 15,811. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh persepsi atas kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar IPA siswa dan terdapat pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar IPA siswa SMP Negeri di Kota Depok

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...