EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 1 (2024): February

Pengembangan Buku Suplemen Pembelajaran Mandiri: Relevansi Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara & M. Syafei dalam Pembelajaran Abad 21

Lay Riwu (Universitas Musamus Merauke)
Salman Alparis Sormin (Universitas Musamus Merauke)
Dharma Gyta Sari Harahap (Universitas Musamus Merauke)
Trinovianto GR Hallatu (Universitas Musamus Merauke)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan buku suplemen pembelajaran terkait relevansi pemikiran pendidikan Ki Hajar Dewantara & M. Syafei dalam pembelajaran abad 21. Penelitian ini dilaksanakan dalam rangka optimalisasi pembelajaran melalui integrasi buku suplemen pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan di lapangan yang dapat merangsang pembelajaran mandiri para peserta didik.  Dari uji praktikalitas serta validitas yang dilakukan didapatkan hasil bahwa buku suplemen pembelajaran ini telah terkategorisasi baik dan layak untuk digunakan. Validitas dan praktikalitas buku suplemen pembelajaran ini juga sudah dalam kategori yang layak. Data yang dikumpulkan diperoleh dari penilaian ahli materi, ahli bahan ajar dan angket respon peserta didik. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Sehingga kesimpulan yang didapatkan bahwa buku suplemen pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis serta telah di implementasi dan layak untuk digunakan sebagai buku pegangan mahasiswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...