EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 1 (2024): February

Analisis Tinjauan Teori Behavioristik Pemikiran E. Thorndike dan Relasinya Pada Mahasiswa Semester 3

Nina Rohmatul Fauziyah (Universitas Islam Darul ‘Ulum, Lamongan)
Annisa Mawaddah M.S (Universitas Islam Darul ‘Ulum, Lamongan)
Rikza Zeininda (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya)
Muchamad Nanang S (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini termuat tujuan dalam pendeskripsian sebuah fakta terkait respons pada masing-masing individu sehingga penelitian ini mendeskripsikan perihal bagaimana implikasi teori behavioristik oleh E. Thorndike dalam tingkat mahasiswa, peninjauan kembali realisasi teori behavioristik oleh E. Thorndik pada matakuliaah dasar-dasar Pendidikan semester 3. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi analisis literatur, dengan memilik metode kualitatif. Perolehan data didapatrkan studi pustaka, analisiis dokumen dari literatur primer dan sekunder yang membahasi terkait teori Behaviorisme serta relasinya dalam kegiatan belajar. Dilalui dengan identifikasi konsep dasar teori behaviorismem, pengumpulan literatur relevan, analisis data deskriptif dan penyusunan naskah. Hasil penelitian ini menghasilkan bahwa realisasi teori Behavioristik oleh E. Thorndike dalam pembelajaran diantaranya; Terkait dalam hasil penjabarannya teori terkait dibagia menjadi macam-macam bagian yaitu; pertama, tahap pertama dalam pemikiran ini meliputi (hukum kesiapan, hukum latihan, hukum akibat dan hukum sikap). Kedua, tahap kedua dalam pemikiran ini memuat antara lainn hasil reevisi yang berkenaan pada hukum latihan dan hukum akibat. Jadi, berdasar analisis hasil uraian data terlihat bahwasanya teori-Thorndike (pembelajaran) secara tidak lasung, sudah diterapkan oleh dosen/ para pendidik khususnya pada pelajaran dan mata kuliah terkait dasar-dasar Pendidikkan. Hal ini membuktikan dari kesesuaian yang ada antara teori-pembelajaran-Thorndike dengan berbagai tahapannya yang di aplikasikan dosen dalam melakukan aktifitas mengajarnya di-kelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...