Penelitian ini termuat tujuan dalam pendeskripsian sebuah fakta terkait respons pada masing-masing individu sehingga penelitian ini mendeskripsikan perihal bagaimana implikasi teori behavioristik oleh E. Thorndike dalam tingkat mahasiswa, peninjauan kembali realisasi teori behavioristik oleh E. Thorndik pada matakuliaah dasar-dasar Pendidikan semester 3. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi analisis literatur, dengan memilik metode kualitatif. Perolehan data didapatrkan studi pustaka, analisiis dokumen dari literatur primer dan sekunder yang membahasi terkait teori Behaviorisme serta relasinya dalam kegiatan belajar. Dilalui dengan identifikasi konsep dasar teori behaviorismem, pengumpulan literatur relevan, analisis data deskriptif dan penyusunan naskah. Hasil penelitian ini menghasilkan bahwa realisasi teori Behavioristik oleh E. Thorndike dalam pembelajaran diantaranya; Terkait dalam hasil penjabarannya teori terkait dibagia menjadi macam-macam bagian yaitu; pertama, tahap pertama dalam pemikiran ini meliputi (hukum kesiapan, hukum latihan, hukum akibat dan hukum sikap). Kedua, tahap kedua dalam pemikiran ini memuat antara lainn hasil reevisi yang berkenaan pada hukum latihan dan hukum akibat. Jadi, berdasar analisis hasil uraian data terlihat bahwasanya teori-Thorndike (pembelajaran) secara tidak lasung, sudah diterapkan oleh dosen/ para pendidik khususnya pada pelajaran dan mata kuliah terkait dasar-dasar Pendidikkan. Hal ini membuktikan dari kesesuaian yang ada antara teori-pembelajaran-Thorndike dengan berbagai tahapannya yang di aplikasikan dosen dalam melakukan aktifitas mengajarnya di-kelas.
Copyrights © 2024