Judul penelitian ini adalah Pengaruh Program Parenting Terhadap Capaian Kompetensi Afektif Siswa Pada Materi Cara Merawat Kesehatan Tubuh. Latar belakang penelitian ini adalah diperoleh hasil analisa awal bahwa 43 orang tua (78%) melakukan parenting model otoriter yang berdampak pada rendahnya capaikan kompetensi afektif siswa di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh program bimbingan orang tua terhadap capaian kompetensi afektif siswa kelas rendah SD Negeri Ngasinan. Subjek penelitian adalah seluruh siswa SD Negeri Ngasinan kelas rendah yang berjumlah 55 siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif Experimen. Penelitian Kuantitatif Experimen adalah penelitian ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena serta hubungan-hubungannya. Dari hasil analisis data dapat diambil kesimpulan sebagai berikut program pola bimbingan orang trua berpengaruh terhadap capaian kompetensi afektif siswa kelas rendah SD Negeri Ngasinan Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo pada materi menjaga kesehatan tubuh. Hal ini berdasar hasil Uji T positif, artinya berpengaruh positif yaitu semakin meningkat program parenting maka akan meningkatkan capaian kompetensi afektif siswa.
Copyrights © 2024