EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 1 (2024): February

Analisis Peluang dan Tantangan Implementasi Learning Management System (LMS)

Siti Rabi'atul Adawiyah (Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia)
Nurnadiyah Syuhada (Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia)
Ahmad Nurjihadi (Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penggunaan LMS di Fakultas Syariah UIN Mataram. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengelaborasi kondisi penerapan LMS di Fakultas Syariah UIN Mataram serta mempelajari faktor pendukung dan faktor penghambat yang dirasakan oleh para dosen dalam pemanfaatannya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Sementara, proses pengolahan dan analisis data menggunakan metode statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung tertinggi diperoleh dari indikator perspektif dosen terkait penggunaan Moodle LMS dengan nilai mean seluruh item > 3.0 yaitu 3.61. Sementara, faktor penghambat tertinggi berasal dari mahasiswa yang tidak aktif menggunakan LMS (3.71), dukungan teknis yang kurang memadai (3.57), dan dosen yang tidak memiliki pengalaman menggunakan LMS (3.21). Dengan demikian, disimpulkan bahwa belum maksimalnya penerapan LMS di Fakultas Syariah UIN Mataram disebabkan oleh dua faktor utama yaitu, rendahnya motivasi mahasiswa dan minimnya kemampuan dosen dalam penggunaan LMS meskipun mereka memiliki motivasi dan perspektif yang positif terhadap penerapan LMS untuk mendukung proses pengajaran dan pembelajaran. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...