EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 5 (2023): October

Analisis Dampak Penggunaan Teknologi Media Sosial terhadap Perilaku Bullying di Kalangan Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Nilai Karakter Self-Confident Siswa dalam Konteks Pendidikan

Ema Rizky Ananda (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia)
Marno Marno (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2023

Abstract

Penggunaan teknologi dan media sosial telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, termasuk di kalangan siswa sekolah dasar. Namun, penggunaan media sosial dapat mempengaruhi nilai karakter self-confident siswa sekolah dasar. Cyberbullying yang terjadi di platform media sosial dapat merusak kepercayaan diri siswa dan menciptakan rasa tidak aman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengidentifikasi dan menganalisis dampak penggunaan media sosial terhadap perilaku bullying di kalangan siswa sekolah dasar (SD), dengan memfokuskan pada nilai karakter self-confident atau kepercayaan diri siswa. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV di Yayasan Pendidikan SD Siti Amelia, Tembung, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak teknologi dari penggunaan media sosial terhadap perilaku bullying dapat mengurangi rasa kepercayaan diri siswa korban bullying dan dapat menghambat perkembangan keterampilan sosial dan seluruh aspek kehidupan pribadi siswa, seperti rendahnya harga diri, kecemasan dan stress, depresi, isolasi sosial, gangguan konsentrasi, dan penurunan prestasi akademik

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...