Peta
Vol. 2 No. 1 (2023): Pesona Pariwisata

STRATEGI DIGITAL MARKETING COMMUNICATION DALAM INDUSTRI PERHOTELAN

Sendy Fransiscus Tantono Putro (Unknown)
Risna Amalia Ulfa (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2024

Abstract

Budaya konsumen dalam era sekarang ini berdampak langsung pada persaingan bisnis. Saat ini untuk memenangkan persaingan bisnis terutamadalam bidang perhotelan diperlukan adanya implementasi dari perencanaan yang strategis dengan memanfaatkan teknologi digital. Industri perhotelanharus memanfaatkan pesatnya perkembangan dunia digital, salah satunya yaitu melakukan pemasaran dengan strategi digital marketingcommunication. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang program digital marketing communication bagi Hotel Transformer Center kota Batu,dalam rangka menjawab tantangan era digital modern ini. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif yang berfokus pada website,Instagram, dan direct personal WhatsApp communication yang merupakan akses informasi utama dari Hotel Transformer Center. Pengumpulan datadilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Perancangan strategi digital marketing communication yang inovatif sangat diperlukanuntuk dapat membangun hubungan dengan konsumen, yaitu melalui pembuatan kalender pengelolaan, sistem dan cara perumusan konten,pembaharuan website, komunikasi yang intense melalui Instagram dan Facebook, dan perlu untuk selalu mengikuti trend terkini seperti penggunaansosial influencer atau key opinion leader. Semua strategi komunikasi digital ini dilakukan supaya target pasar atau customer mendapatkan informasiyang benar tentang produk yang dipasarkan serta membangun kedekatan emosional dengan customer. Kata kunci: strategi pemasaran, komunikasi pemasaran digital, kalender manajemen

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

peta

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pesona Pariwisata merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pariwisata Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Jurnal ini diterbitkan 2 kali dalam setahun pada Juni dan Desember . Jurnal pariwisata UPN menerima naskah berupa tulisan ilmiah berdasarkan hasil ...