Peta
Vol. 2 No. 1 (2023): Pesona Pariwisata

HARNESSING DIGITAL MARKETING TO PROMOTE CULTURAL SENSITIVITY IN INDONESIAN TOURISM

Muhammad Nasir (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2024

Abstract

Peningkatan jumlah turis asing di negara-negara dengan keberagaman budaya, seperti Indonesia, telah memunculkan perhatian dalam tejadinya konflik budaya antara wisatawan asing dan penduduk lokal. Masalah ini dapat terjadi akibat kurangnya kesadaran lintas budaya dan adanyamiskomunikasi tentang negara yang dikunjungi. Di sisi lain, pemanfaatan pemasaran digital dalam sektor pariwisata semakin luas dan berdampakbesar. Meskipun demikian, penelitian yang telah dilakukan untuk mengeksplorasi integrasi sensitivitas budaya dalam kampanye pemasaran digitalpariwisata masih sangat minim. Penelitian ini bertujuan untuk mengisi gap tersebut dengan mengkaji potensi promosi sensitivitas budaya melaluipemasaran digital dalam pariwisata, terutama di Indonesia. Melalui pendekatan eksploratif dengan metode kualitatif deskriptif menggunakan datasekunder, penelitian ini mendiskusikan signifikansi dan dampak dari promosi sensitivitas budaya (cultural sensitivity) melalui pemasaran digitalpariwisata. Hasil penelitian ini menyoroti pentingnya sensitivitas budaya dalam pengembangan pariwisata dan menunjukkan bahwa sensitivitas budayadapat dipromosikan secara efektif melalui berbagai alat dan kegiatan pemasaran digital. Integrasi sensitivitas budaya dalam pemasaran digitalpariwisata memiliki potensi untuk meningkatkan pemahaman budaya para pengunjung, membina pengalaman dan hubungan positif antara pengunjungdan penduduk lokal, serta berkontribusi pada pengembangan pariwisata yang berkelanjutan. Dengan mengintegrasikan unsur sensitivitas budayadalam strategi pemasaran digital, diharapkan konflik budaya dapat diminimalisir dan hubungan yang lebih kuat antara wisatawan dan penduduk lokaldapat terjalin. Kata Kunci: Sensitivitas Budaya, Pemasaran digital, Wisatawan asing, Indonesia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

peta

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pesona Pariwisata merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pariwisata Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Jurnal ini diterbitkan 2 kali dalam setahun pada Juni dan Desember . Jurnal pariwisata UPN menerima naskah berupa tulisan ilmiah berdasarkan hasil ...