EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 1 (2024): February

Peningkatan Minat Siswa Kelas 5 SD Berbantuan Media Gim Edukasi pada Materi Ciri Khusus Hewan

Sri Fajar Istriyanti (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Ana Fitrotun Nisa (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini berjudul peningkatan minat siswa kelas 5 SD berbantuan media gim edukasi pada materi ciri khusus hewan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas media Gim Edukasi dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas 5 SD Negeri Balekambang. Penelitian ini dilakukan karena hasil evaluasi yang dilakukan guru pada Muatan Pelajaran Matematika Materi Ciri Khusus Hewan, dengan hasil 22 peserta didik (78.5%) mendapatkan nilai di bawah KKM, sementara sisanya 6 peserta didik (11.5%) mencapai nilai KKM. Bahkan nilai rata-rata kelasnya hanya mencapai 58,42 sedangkan nilai KKM sendiri adalah 75. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya akibat treatment pada subjek yang diselidiki. Berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata minat belajar siswa kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata minat belajar kelas kotrol sebesar 85,04 sedangkan kelas eksperimen sebesar 90,27 yang berarti terdapat selisih sebesar 5,23. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan minat belajar ciri khusus hewan siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran berbantuan media Gim Edukasi efektif untuk meningkatakan minat belajar siswa kelas 5 SD Negeri Balekambang pada ciri khusus hewan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...