EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 1 (2024): February

Kearifan Lokal Suku Sasak sebagai Sumber Nilai Pendidikan di Persekolahan: Sebuah kajian Etnopedagogi

Muzakir Muzakir (Universitas Qamarul Huda Badaruddin)
Wayan Suastra (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2024

Abstract

Etnopedagogi mengkaji kearifan lokal sebagai sumber pengetahuan yang memiliki nilai-nilai yang sangat penting bagi pendidikan. Terkait dengan itu, kearifan lokal suku sasak memiliki nilai-nilai yang penting untuk digali sebagai sumber pengetahuan, sikap dan tindakan bagi pengembangan pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Oleh sebab itu, tulisan ini ingin mengkaji tentang kearifan lokal suku sasak sebagai sumber nilai pendidikan untuk diterapkan di persekolahan. Metode yang digunakan yaitu studi pustaka dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui telaah kepustakaan berupa hasi-hasil penelitian yang terkait dengan kearifan lokal suku sasak yang sudah dipublikasikan dalam jurnal. Sumber kepustakaan diperoleh melalui penelusuran di google Schoolar dengan tema yang relevan dengan kajian kearifan lokal suku sasak dan etnopedagogi. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah yaitu telaah kepustakaan, deskripsi dan penyajian hasil, verifikasi sumber, dan penarikan kesimpulan. Hasil studi menunjukkan bahwa kearifan lokal suku sasak terdapat dalam berbagai aspek kehidupan seperti sosial, ekonomi, pertanian, olahraga, seni, daur hidup (kelahiran, perkawinan, kematian). Dalam setiap aspek tersebut terdapat nilai-nilai pendidikan yang dapat dibelajarakan di sekolah melalui budaya sekolah dan pembelajaran melalui pengintegrasian pada setiap mata pelajaran. Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan secara aplikatif sehingga nilai-nilai kearifan lokal suku sasak memiliki dampak yang lebih luas dalam mengembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan siswa di sekolah. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...