Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma
Vol 5 No 1 (2024): Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma

Kekerasan dan Pelecehan Anak serta Upaya Pencegahannya di Universitas Tjut Nyak Dhien

Dahris Siregar (Universitas Tjut Nyak Dhien, Jl. Gatot Subroto Gg. Rasmi No. 28. Kel. Sunggal Kec. Helvetia Kota Medan Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Pengabdian ini bermaksud untuk mendapatkan pemahaman bagaimana kekerasan dan pelecehan anak dan upaya pencegahannya yang dilaksanakan di Fakultas Hukum, Universitas Tjut Nyak Dhien Medan. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan metode yuridis normatif menggunakan pendekatan seminar, wacana, dan tanya jawab mengenai kekerasan dan pelecehan terhadap anak dan bagaimana upaya pencegahannya dari sudut pandang ilmu hukum yang melibatkan dosen fakultas hukum dan mahasiswa sebagai peserta kegiatan pengabdian ini. Diskusi dalam kegiatan ini adalah menganalisis unsur-unsur yang menyebabkan terjadinya kekerasan dan pelecehan terhadap anak, serta kebijakan hukum pidana dalam menanggulangi kekerasan anak dan serta perlindungan hukum terhadap korban. Berdasarkan hasil kegiatan menunjukkan bahwa upaya penanganan kekerasan, pelecehan pada anak dapat dilakukan sesuai prosedur baku mulai dari pengaduan masyarakat, dukungan untuk korban, penanganan kasus, penjemputan sementara, mediasi, penanganan korban dan kegiatan evaluasi yang diberikan terhadap korban pelecehan belum berjalan efektif, sehingga diperlukan kesadaran sosial, upaya untuk menghentikan pelecehan seksual terhadap anak-anak adalah dengan adanya peran keluarga dan masyarakat dalam mendidik dan mengawasi anak di bawah umur.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkwk

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma merupakan jurnal ilmiah yang berisi kumpulan artikel yang berasal dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Lingkup Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma mencakup seluruh kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang sains, teknologi, sosiohumaniora, atau ...