Jurnal Penelitian Sains
Vol 25, No 3 (2023)

Pengunaan Ragi Dalam Mempercepat Reaksi Fermentasi Terhadap Pembuatan Eco-Enzyme Dalam Upaya Pengolahan Limbah Organik

Nomi Desmawati (Jurusan Biologi, Fakultas Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Kebumian, Universitas Negeri Manado)
Denny Marsel Damanik (Jurusan Biologi, Fakultas Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Kebumian, Universitas Negeri Manado)
Junior Joseph Najoan (Jurusan Biologi, Fakultas Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Kebumian, Universitas Negeri Manado)
Johanes Brilliand Dien (Jurusan Biologi, Fakultas Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Kebumian, Universitas Negeri Manado)
Arifin Miracle Thamin (Jurusan Biologi, Fakultas Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Kebumian, Universitas Negeri Manado)
Alfonds Andrew Maramis (Jurusan Biologi, Fakultas Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Kebumian, Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena pengolahan sampah organik menjadi eco-enzyme memerlukan waktu yang lama yaitu 90 hari. Waktu tersebut tidaklah efektif sehingga dirumuskan dalam penelitian ini bagaimana mempercepat proses pembuatan eco-enzyme dengan penambahan ragi yang dikombinasikan dengan daun wewangian untuk menghasilkan eco-enzyme yang beraroma terapi. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk eco-enzyme yang baik dan beraroma terapi dalam waktu singkat. Penelitian dilaksanakan di laboratorium biologi Universitas Negeri Manado dengan menggunakan metode rancangan acak kelompok (RAK) untuk mengetahui kombinasi yang tepat dari faktor penambahan ragi, waktu fermentasi dan rasio dedaunan wangi dengan sampah organik. Sedangkan untuk menentukan daun wewangian yang menghasilkan aroma paling baik digunakan uji organoleptik. Data dikumpulkan berdasarkan hasil pengukuran dari 5 parameter (Gula, Garam, Alkohol, pH, TDS) yang diukur setiap 5 hari, dari hari-0 sampai hari ke-25. Data yang terkumpul diuji menggunakan analisis statistik non-parametrik yaitu uji kruskal wallis test. Hasil penelitian menunjukan bahwa benar ragi bisa mempercepat reaksi fermentasi produk eco-enzyme. Dimana hasil uji pada setiap parameternya menunjukkan bahwa terdapat pengaruhh penampabahan ragi dengan nilai sig < 0,05 sehingga hal tersebut sesuai dengan syarat pengujian non-parametrik kruskal wallis test. Sedangkan hasil dari uji organoleptik menunjukan bahwa daun pandan dapat menghasilkan aromaterapi yang baik dibandingkan kedua daun lainnya.Kata Kunci: Eco-Enzyme, Ragi, Daun Wewangian. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Chemistry Mathematics Physics

Description

Jurnal Penelitian Sains (JPS) MIPA UNSRI merupakan wahana komunikasi ilmiah di bidang sains serta lintas ilmu yang terkait; diterbitkan sejak 1 Oktober 1996 oleh UP2M FMIPA Universitas Sriwijaya. Jurnal ini berisikan tulisan atau karangan ilmiah dalam berbagai bidang tersebut yang diangkat dari ...