Majalah Ilmiah MOMENTUM
Vol 11, No 2 (2015)

ANALISA GAIT CYCLEDAN BEBAN STATIS PRODUK KAKI TIRUANATAS LUTUT (ABOVE KNEE PROSTHESIS) MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

Muhammad Dzulfikar (Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro Jl. Prof. Sudharto, Kampus UNDIP Tembalang, Semarang 50275)
Jamari Jamari (Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro Jl. Prof. Sudharto, Kampus UNDIP Tembalang, Semarang 50275)
Rifky Ismail (Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro Jl. Prof. Sudharto, Kampus UNDIP Tembalang, Semarang 50275)
Sugiyanto Sugiyanto (Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro Jl. Prof. Sudharto, Kampus UNDIP Tembalang, Semarang 50275)
Yopi Harwinanda A (Jurusan Ortotik Prostetik, Poltekkes Surakarta Jl. Letjend Sutoyo, Mojosongo, Surakarta 57127)
Dwi Setyawan (Jurusan Ortotik Prostetik, Poltekkes Surakarta Jl. Letjend Sutoyo, Mojosongo, Surakarta 57127)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2015

Abstract

Abstrak Kaki tiruan atas lutut atau above knee prosthesis merupakan teknologi di bidang kesehatan sebagai alat pengganti kaki untuk pasien dengan amputasi kaki atas lutut yang penyebab utamanya adalah karenadiabetes dan trauma atau luka berat akibat kecelakaan. Produk kaki tiruan yang ada masih didominasi oleh produk impor, sehingga memiliki harga yang mahal dan sulit terjangkau bagi pasien amputasi kalangan menengah ke bawah. Industri pembuatan kaki tiruan di Indonesia masih belum mampu memproduksi kaki tiruan bersendi atas lutut yang baik. Produk kaki tiruan buatan Indonesia yang sering kita lihat kebanyakan berbahan plat logam berbalut resin, produk konvensional inimemiliki kekurangan dalam fleksibilitas, lifetime, dan ergonomis. Pada penelitian sebelumnya telah dilakukan perancangan tiga model prosthesis untuk amputasi atas lutut. Tujuandari penelitian ini adalah menganalisa  pembebanan statis salah satu prostesahasil rancangan dengan FEM. Prostesakemudian diujikan pada pasien amputasi atas lutut sebagai analisa pola pergerakan sendi siklus berjalan (gait cycle). Hasil penelitian menunjukkan prostesa dapat dipakai untuk berjalan dengan baik. Kata kunci: above knee prosthesis, siklus berjalan, sudut tekuk lutut, FEM.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

MOMENTUM

Publisher

Subject

Education

Description

"MOMENTUM" adalah sebuah Jurnal Ilmiah yang dikelola oleh Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim dengan ISSN cetak 0216-7395. Terbit setahun dua kali yaitu tiap bulan April dan Oktober. Lingkup bidang yang dapat dipublikasikan di jurnal ini adalah teknik mesin, teknik kimia dan teknik ...