Motivasi dalam proses belajar sangatlah penting dimiliki oleh diri siswa sebagai pendorong semangat dalam belajar. Rendahnya motivasi dalam belajar dapat berdampak buruk pada penurunan minat dan hasil belajar siswa. penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki faktor-faktor yang berkontribusi pada rendahnya motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Nurul Iman. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode studi kasus tunggal. Seluruh siswa Madrasah Aliyah Nurul Iman yang berjumlah 73 siswa, menjadi subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung, wawancara langsung, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan empat faktor utama yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa. Pertama, kondisi lingkungan sekolah yang kurang memadai berperan dalam menurunkan semangat belajar siswa. Kedua, kurangnya rasa tanggung jawab diri siswa juga menjadi faktor yang mempengaruhi motivasi belajar. Ketiga, dukungan motivasi orang tua terkait pentingnya pendidikan tidak mencukupi, memberikan dampak negatif pada semangat belajar siswa. Keempat, perjanjian kerjasama yang efektif antara orang tua siswa, pihak sekolah, dan pihak pesantren dalam menciptakan kedisiplinan bagi siswa juga ikut berperan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat empat faktor utama yang berkontribusi pada rendahnya motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Nurul Iman.
Copyrights © 2024