Era Revolusi Industri 4.0 ditandai oleh ketersediaan data yang melimpah, menciptakan peluang dalam proses pengambilan informasi. Salah satu proses pengambilan data tersebut mencakup pencarian informasi tentang tempat wisata di Yogyakarta (DIY). Proses pengambilan informasi ini dapat dilakukan melalui Google Maps, yang menyediakan detail seperti lokasi, jarak, bahkan ulasan pengunjung dalam bagian komentar, yang berasal dari ulasan tentang destinasi wisata tersebut. Dalam data informasi yang dikumpulkan, muncul berbagai masalah yang memerlukan identifikasi, mengarah pada gagasan penelitian untuk menganalisis sentimen terkait destinasi wisata dengan memanfaatkan ulasan pengguna di Google Maps. Metodologi penelitian yang digunakan dalam studi ini menggunakan Support Vector Machine (SVM) untuk mengategorikan ulasan ke dalam kategori sentimen positif, negatif, atau netral. Ulasan pengguna dari platform Google Maps diolah dan dilatih menggunakan SVM untuk mengidentifikasi pola sentimen. Hasil eksperimen menunjukkan efektivitas metode SVM dalam mengelola volume besar data ulasan untuk analisis sentimen, memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang persepsi masyarakat terhadap destinasi wisata. Penelitian ini dapat berkontribusi pada pengembangan strategi pemasaran dan manajemen berdasarkan umpan balik pengguna secara real-time. Temuan penelitian mengenai kinerja metode SVM dalam klasifikasi analisis sentimen menggunakan Support Vector Machine (SVM) menunjukkan tingkat akurasi rata-rata sebesar 83,8% berdasarkan ulasan pengunjung di situs Google Maps.
Copyrights © 2024