Penelitian ini menganalisis efisiensi pemasaran kelapa sawit yang diusahakan di Desa Cot Meureubo, Kuta Makmur. Lokasi ini merupakan sentra produksi kelapa sawit di Aceh Utara. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui (1) struktur pasar dari sistem pemasaran Kelapa Sawit, (2) marjin pemasaran, pangsa harga, keuntungan dan rasio harga di antara lembaga pemasaran.Berdasarkan hasil penelitian, ada empat saluran pemasaran di lokasi penelitian, yaitu: Saluran I: Petani – pedagang pengumpul desa – pedagang pengumpul kecamatan – pabrik. Saluran II: Petani – pedagang pengumpul kabupaten – pabrik. Saluran III: Petani – pedagang pengumpul kecamatan – pabrik. Saluran IV: Petani – pedagang pengumpul kabupaten – pabrik. Struktur pasar cenderung sebagai pasar kompetisi tidak sempurna, merupakan pasar oligopsoni yang diukur oleh rasio konsentrasi. Keragaan pasar menyatakan bahwa marjin pasar dalam semua saluran beragam, distribusi marjin belum merata, pangsa harga petani masih rendah, keuntungan dan rasio harga juga beragam.
Copyrights © 2016