Jurnal Bina Praja
Vol. 15 No. 2 (2023)

Otonomi Khusus Papua dalam Hubungan dengan Gender, Generasi, dan Deforestasi: Sebuah Kajian Ekologi Politik Feminis

Worry Mambusy Manoby (Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia, Jakarta, Indonesia)
Mia Siscawati (Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia, Jakarta, Indonesia)
Kurniawati Hastuti Dewi (Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Republik Indonesia, Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Tata kelola hutan dalam bingkai Otonomi Khusus di  Papua belum meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua, terutama masyarakat adat. Alih fungsi hutan adat menjadi perkebunan monokultur menjadi masalah utama penyebab deforestasi di Tanah Papua. Dalam struktur patrilineal dan budaya patriarki yang melekat di Papua, perempuan yang hanya mendapat hak kelola hutan akan  merasakan dampak lebih berat dari laki-laki. P Di sisi lain kaum muda di Papua sebagai  aktor kunci dalam proses perubahan ekonomi dan sosial di Papua, belum banyak dieksplorasi  dari segi aspirasi dan perannya dalam tata Kelola  hutan. Artikel ini menelusuri berbagai literatur akademik dan laporan kerja lembaga yang menaruh perhatian pada tata kelola hutan di Tanah Papua dengan lensa ekologi politik feminis berfokus pada situasi gender, generasi, dan kaum muda, deforestasi dan tata kelola  hutan di Papua. Paper ini menemukan bahwa perempuan adat dan kaum muda sebagai bagian dari masyarakat adat masih sering tidak dianggap dan tereksklusi dari ruang-ruang diskusi yang menentukan masa depan tata kelola hutan di Tanah Papua. Otonomi Khusus sebagai penghormatan, pengakuan dan perlindungan terhadap masyarakat Papua, ke depan diharapkan dapat  menjadi jalan mengatasi ketidakadilan dan ketidaksetaraan dalam pengelolaan sumber daya alam yang dialami masyarakat di Tanah Papua.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jbp

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Bina Praja (JBP) is a journal that provides scientific information resources aimed at researchers, research institutions, government agencies, and ...