Telecommunications, Networks, Electronics, and Computer Technologies (TELNECT)
Vol 1, No 1 (2021): Juni 2021

Virtual Reality Tourism Dengan Framework TOGAF 9.1 untuk Case Wisata di Purwakarta

Dian Permata Sari (Program Studi Pendidikan Sistem dan Teknologi Informasi, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Nitih Indra Komala Dewi (Program Studi Pendidikan Teknik Arsitektur, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Syifaul Fuada (Program Studi Sistem Telekomunikasi, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Virtual reality (VR) tourism merupakan salah satu bentuk aplikasi teknologi informasi yang telah menjadi trend riset saat ini karena didukung oleh beberapa faktor, yaitu perkembangan teknologi itu sendiri yang semakin maju dan juga stimulus pandemi Covid-19. Dengan demikian, meskipun tidak datang langsung ke venue, pengunjung tetap dapat menikmati wahana wisata melalui VR tourism. Teknologi ini juga dapat digunakan sebagai media promosi wisata. Dalam mengembangkan VR toursm, sebuah resiko akan muncul dalam proses pengembangan tersebut sehingga diperlukan analisis framework yang tepat. Pada dasarnya dalam pemilihan suatu framework arsitektur tidak ada metode secara spesifik sehingga dapat dilakukan pendekatan bervariasi sesuai keinginan dan kebutuhan pengembang. Pada artikel ini akan dibahas framework untuk aplikasi virtual reality tourism berbasis Android dengan pendekatan The Open Group Architectural Framework (TOGAF) versi 9.1, yang akan dijabarkan dari tahap awal sampai tahap akhir. Case tempat wisata pada aplikasi ini dipilih wisata-wisata yang ada di Kabupaten Purwakarta Jawa Barat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

TELNECT

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering

Description

elecommunications, Networks, Electronics, and Computer Technologies (TELNECT) merupakan jurnal ilmiah peer-review yang diterbitkan oleh Program Studi S1 Sistem Telekomunikasi Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta. Jurnal ini diterbitkan secara berkala 2 kali dalam setahun yang memiliki ...