Gunung Djati Conference Series
Vol. 31 (2023): The 4th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education

Analisis Hasil Belajar Peserta didik Kelas X Pada Materi Fungsi Kuadrat Ditinjau Melalui Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom

Deslie Salza Dwikurnia (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Cucu Komala (MTs Assasul Islamiyah Cikembar)
Hamdan Sugilar (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini mengelompokkan dan menjelaskan analisis hasil belajar peserta didik kelas X salah satu SMK di Kabupaten Bandung tahun ajaran 2022/2023, dengan ditinjau melalui ranah kognitif revisi taksonomi bloom. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK dengan dua klasifikasi, yaitu peserta didik dengan kemampuan rendah dan peserta didik dengan kemampuan tinggi. Instrumen penelitian kali ini adalah soal ulangan harian dan hasil belajar peserta didik pada materi fungsi kuadrat. Berdasarkan hasil pebelitian diperoleh klasifikasi soal ulangan harian kelas X ACP pada materi fungsi kuadrat ditinjau melalui ranah kognitif revisi taksonomi bloom sudah mengkaji soal dengan indikator-indikator dalam ranah kognitif taksonomi bloom, yaitu lengkap mulai dari C1 sampai C6, dengan persentase sebagai berikut: C1 (18,75%), C2 (18,75%), C3 (25%), C4 (18,75), C5 (6,25%), dan C6 (12,5%).

Copyrights © 2023