Media Bina Ilmiah
Vol. 18 No. 4: Nopember 2023

ANALISIS PENGARUH CREDIBILITY, TRUST, PERCEIVED EASE OF USE, PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED RISK DAN INFORMATION QUALITY TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA PASAR E-COMMERCE

Ronny Firdiansyah Arief (Universitas Internasional Batam)
Indra Prawira (Universitas Internasional Batam)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kredibilitas pelaku usaha terhadap pelanggan dalam melakukan transaksi pembelian di E-commerce. Faktor yang mempengaruhi dipilih yakni Credibility, Information Quality, Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness dan Trust. Peneliti memilih pelanggan e-commerce di provinsi Kepulauan Riau sebagai objek penelitian. Terdapat 451 responden yang telah dikumpulkan dan dinyatakan valid. Diketahui bahwa dalam lingkungan bisnis yang kompetitif, kepercayaan konsumen terhadap merek atau perusahaan menjadi faktor yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan pemasaran. Konsumen cenderung memilih merek atau produk yang dianggap kredibel dan dapat dipercaya, karena mereka percaya bahwa merek atau produk tersebut akan memberikan manfaat dan kualitas yang dijanjikan. Kesimpulannya, pelaku bisnis harus fokus pada peningkatan kredibilitas, kualitas informasi, kemudahan penggunaan yang dirasakan, kegunaan yang dirasakan, dan kepercayaan untuk secara positif memengaruhi niat beli pelanggan. Dengan menangani faktor-faktor ini dalam strategi pemasaran dan bisnis mereka, manajer dapat secara efektif memandu pelanggan melalui proses pembelian dan meningkatkan kemungkinan konversi yang berhasil

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MBI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

Media Bina Ilmiah, ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505 (online), diterbitkan 12 (Dua Belas) nomor dalam setahun (Januari-Desember) oleh BINA PATRIA. Jurnal ini merupakan sarana komunikasi dan penyebarluasan informasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan, kajian serta pemikiran dalam bidang ...