ARIMA : Jurnal Sosial Dan Humaniora
Vol. 1 No. 1 (2023): Agustus

PENGARUH AKUNTABILITAS, PARTISIPASI MASYARAKAT, DAN TRANSPARANSI TERHADAP PENGELOLAAN DANA DESA (Studi Kasus Pada Desa Sumpur Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar)

Fahrul Rizky (UIN Walisongo Semarang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2023

Abstract

Dibutuhkan partisipasi masyarakat, transparansi, dan akuntabilitas dalam mengelola dana desa berdasarkan prinsip good governance. Jika dana desa digunakan sesuai prioritasnya, maka pengelolaan dananya dikatakan efektif sehingga dana-dana tersebut dapat digunakan dan disalurkan serta mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sampel penelitian ini adalah masyarakat Nagari Sumpur yang berumur 17 keatas atau sudah mempunyai hak pilih dengan sampel sebanyak 96. Jenis penelitian adalah kuantitatif dan teknik pengambilan sampel dilakukan secara proportional random sampling. Pengujian data menggunakan SPSS versi 23. Hasil analisis menunjukkan akuntabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolan dana desa dengan t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 2,228 > 1,662 dengan nilai siginifikansi 0,028 > 0,1. Partisipasi masyarakat berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pengelolan dana desa dikarenakan t hitung lebih kecil dari t tabel yaitu -0,786 < 1,662 dengan nilai siginifikansi 0,434 > 0,1. Transparansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolan dana desa dengan t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 6,388 > 1,662 dengan nilai siginifikansi 0,000 < 0,1. Serta ketiga variabel yaitu akuntabilitas, partisipasi masyarakat dan transparansi berpengaruh secara simultan terhadap pengelolaan dana desa, hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung lebih besar dari nilai F tabel yaitu 49,087 >2,14 dan juga nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,1.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

arima

Publisher

Subject

Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

ARIMA : Jurnal Sosial Dan Humaniora Jurnal yang diterbitkan 4 (empat) kali dalam setahun, yaitu pada bulan Februari, Mei, Agustus, dan November oleh Publikasi Inspirasi Indonesia. Jurnal ini adalah jurnal studi ilmu-ilmu Sosial humaniora dan pendidikan yang bersifat peer-review dan terbuka. Bidang ...