Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi
Vol 11, No 3 (2023): Edisi Desember 2023

Sistem Pemantauan dan Kendali Kelembapan Tanah dan PH pada Tanaman Anggur Berbasis Android (Studi Kasus: Greenhouse FMIPA UNTAN)

Ezha Tiara (Universitas Tanjungpura)
Ikhwan Ruslianto (Universitas Tanjungpura)
Suhardi Suhardi (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2023

Abstract

Budidaya anggur di Indonesia masih belum merata meskipun prospek penjualannya tinggi dan sangat populer di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh anggur memerlukan perhatian dan perawatan yang intensif dalam waktu yang lama agar anggur dapat menghasilkan hasil panen. Greenhouse menyediakan kondisi lingkungan yang ideal bagi tanaman, namun terbatas dalam kemampuannya untuk memantau dan mengendalikan faktor-faktor pertumbuhan secara real-time. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem yang dapat memantau dan mengendalikan kelembapan tanah dan pH air pada tanaman anggur di dalam greenhouse melalui aplikasi android. Penelitian ini menggunakan NodeMCU ESP32 untuk mengendalikan keseluruhan komponen perangkat keras dan perangkat lunak. Sensor capacitive soil moisture untuk pembacaan nilai kelembapan tanah, dan sensor pH Meter untuk pembacaan nilai tingkat keasaman air. Pengguna dapat melakukan pengendalian perangkat keras secara manual ataupun otomatis melalui antarmuka aplikasi android. Sistem kendali otomatis dapat berfungsi dengan baik. Ketika nilai kelembapan tanah berada dibawah 60% maka pompa air akan hidup (on), sedangkan apabila nilai pH dibawah 5,5 maka pompa alkali juga akan hidup (on). Pengujian pembacaan kelembapan tanah mendapatkan nilai error sebesar 1% dan nilai error pH air sebesar 1,3%. Sedangkan nilai hasil pengujian pada pompa air, pompa alkali dan pompa wadah penampungan air didapatkan waktu respon rata-rata sebesar 3,9 detik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcskommipa

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Coding adalah Jurnal ilmiah elektronik yang mempublikasikan hasil-hasil penelitian di bidang komputer dan sistem informasi. Jurnal Coding memiliki karakteristik khas karena memadukan berbagai cabang dalam bidang Ilmu Komputer, sehingga memiliki artikel yang komprehensif. Jurnal Coding terbit 3 nomor ...