JIK- JURNAL ILMU KESEHATAN
Vol 7, No 2 (2023): JIK-Oktober Volume 7 Nomor 2 Tahun 2023

Perilaku Bullying dan Aktivitas Belajar pada Anak Usia Sekolah di SD Suradadi Kabupaten Tegal

Susi Muryani (UNIVERSITAS BHAMADA SLAWI)
Nurhakim Yudhi Wibowo (Universitas Bhamada Slawi)
Khodijah Khodijah (Universitas Bhamada Slawi)
Ismi Auliya Rahmawati (Universitas Bhamada Slawi)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Bullying dapat terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa, dengan banyaknya bullying dapat berdampak pada akademik anak. Dapat menurunkan motivasi dan prestasi belajar, hal tersebut dapat mempengaruhi aktivitas belajar anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan perilaku bullying dengan aktivitas belajar pada anak usia sekolah di SD Suradadi Kabupaten Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan rancangan deskriptif korelasi dengan pendekatan Cross Sectional, penelitian dilaksanakan pada tanggal 26-27 Mei 2023, tenik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan total sampling dengan jumlah 83 responden. Hasil analisa menggunakan uji Kendall’s tau menunjukkan ada hubungan antara perilaku bullying dengan aktivitas belajar dengan nilai P value 0,015<0,05. Pada penelitian ini diperoleh hasil mayoritas responden mengalami perilaku bullying sedang dan aktivitas belajarnya rendah sebanyak 66,7%. Dengan adanya hubungan antara perilaku bullying dengan aktivitas belajar disarankan anak-anak untuk saling peduli dan menjauhi apapun bentuk bullying agar aktivitas belajar menjadi aman dan nyaman. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnalkes

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

Provides a form for original research and scholarship relevant to Ners, Midwife, Public Health and other health related ...