Kendaraan bermotor berjalan dengan normal jika salah satu syaratnya dapat dipindahkan tenaganya secara optimal. Pemindah daya memiliki peran penting untuk menghubungkan tenaga dari mesin sampai ke roda. Sistim pemindah daya meliputi sistim kopling, transmisi, poros penggerak roda, dan differential. Kopling merupakan komponen yang bertugas memindahkan tenaga dari mesin ke transmisi secara lembut, sebagai pemutus tenaga dan sekaligus sebagai pengaman mesin saat kendaraan mengalami kelebihan beban (overload). Sistim penggerak kopling di mobil dapat dibagi dua, yaitu kopling penggerak mekanis dan kopling penggeraki hidraulis. Pada kopling penggerak mekanis menggunakan kawat sedangkan kopling penggerak hidraulis menggunakan minyak sebagai media penggeraknya. Jenis penggerak koplijng hidraulis komponennya terdiri dari pedal kopling, master cylinder, pipa hidarulis, release cylinder. Pembuatan trainer cutting kopling hidraulis ini dalam rangka memudahkan pemahaman peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar. Trainer kopling hidraulis ini terdiri dari unit kopling, transmisi dan rangka tempat dudukan trainer kopling. Trainer ini dalam proses pembuatannya dengan memotong bagian unit kopling dan transmisi agar mudah terlihat kerja komponennya. Pemotongan dilakukan dengan menggunakan mesin gerinda tangan dan finishing dengan menggunakan gerinda dan amplas untuk memperhalus permukaan yang dipotong. Kata kunci: kopling, hidraulis, trainer.
Copyrights © 2013