Jurnal Skripsi STMIK TIME
Vol 1, No 2 (2015)

Aplikasi Data Mining Metode Uji Friedman untuk Menganalisa Pengaruh Promosi Produk pada PT. Asia Paramita Indah

Yang, Sugianto ( STMIK TIME)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2015

Abstract

PT. Asia Paramita Indah merupakan perusahaan yang bergerak di bidang distribusi kosmetik bermerek Gatsby. Saat ini, sistem yang diterapkan tidak memiliki informasi mengenai pengaruh promosi produk ataupun dengan adanya penawaran paket-paket spesial tertentu terhadap minat customer. Untuk melakukan hal tersebut, maka dapat diterapkan metode data mining, yaitu metode Uji Friedman. Uji friedman berguna untuk mengetes pasangan sampel data ordinal yang berasal dari populasi yang sama. Data mungkin berasal dari ulangan pengukuran yang berasal dari satu sampel atau dari pengukuran yang sama dari beberapa sampel yang berpasangan. Metodologi yang digunakan untuk melakukan proses analisis dan perancangan pada penelitian ini adalah metodologi SDLC. Tools yang digunakan untuk melakukan analisis dan desain adalah data flow diagram (DFD). Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi data mining yang terkomputerisasi yang dapat digunakan untuk promosi produk.

Copyrights © 2015