Jurnal Skripsi STMIK TIME
Vol 1, No 3 (2015)

Aplikasi Permainan Semut Mencari Permen Dengan Menggunakan Metode Search Tree

Liu, Jhonsen ( STMIK TIME)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2015

Abstract

Search tree adalah suatu metode pelacakan yang dapat diterapkan untuk mencari solusi pada bidang ilmu Artificial Intelligence (AI). Salah satu contoh persoalan AI yang memerlukan penerapan search tree adalah dalam pencarian lintasan yang dapat dilalui oleh seekor semut. Deskripsi dari permasalahan ini adalah sebagai berikut, diketahui seekor semut akan bergerak dari suatu titik (x,y) ke titik A(m,n). Semut hanya boleh membelok atau melintas pada titik-titik grid dan selalu melangkah horizontal ataupun vertikal. Pencarian solusi dari permasalahan ini menggunakan metode breadth first search (BFS). Langkah awal adalah membuat search tree dari masalah yang dimasukkan. Pencarian dimulai dari posisi awal sebagai node akar, selanjutnya metode BFS mencari solusi dengan mengembangkan node akar ke level-level berikutnya, semua pergerakan yang mungkin, tidak melanggar ketentuan dan menghasilkan kondisi baru dikembangkan semaksimal mungkin. Pencarian berakhir apabila tidak ada lagi node atau kondisi baru yang dapat dikembangkan. Semua node yang merupakan posisi tujuan merupakan solusi. Hasil penelitian ini adalah sebuah perangkat lunak dapat digunakan untuk bermain ‘Permainan Semut Mencari Permen’ pada sebuah komputer.

Copyrights © 2015