Jurnal Skripsi STMIK TIME
Vol 1, No 3 (2015)

Perangkat Lunak Permainan Chess Knight dengan Metode Pohon Pelacakan dan Breadth First Search (BFS)

Zhuo, Dewi ( STMIK TIME)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2015

Abstract

Permasalahan pergerakan legal dari kuda pada papan catur merupakan salah satu permasalahan Artificial Intelligence (AI) klasik. Sebuah chess knight dalam papan catur memiliki pergerakan menyerupai huruf L. Biji catur ini merupakan salah satu biji yang sangat sulit digerakkan dan sering juga merupakan biji yang paling berbahaya apabila tidak diperhatikan secara seksama setiap pergerakannya. Untuk itu, maka diperlukan proses simulasi terhadap pergerakan legal dari kuda.Proses kerja dari perangkat lunak akan dimulai dari penentuan posisi awal dari biji kuda, bidak dan raja pada papan catur. Setelah itu, proses dilanjutkan dengan pencarian solusi dari permasalahan yang dimasukkan dengan menggunakan pencarian melebar pertama (breadth-first search).Perangkat lunak mensimulasikan semua pergerakan kuda dari semua solusi yang ditemukan, sehingga memberikan gambaran yang cukup jelas atas solusi yang dihasilkan. Selain itu, perangkat lunak juga menyediakan sebuah fasilitas untuk bermain chess knight pada sebuah papan catur.

Copyrights © 2015