Jurnal Skripsi STMIK TIME
Vol 1, No 3 (2015)

Perangkat Lunak Permainan Seeking Path dengan Algoritma All-Pairs Shortest-Path Floyd-Warshall

Kristanto, Harris ( STMIK TIME)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2015

Abstract

Pada kehidupan sehari-hari sering ditemukan permasalahan dalam menentukan jalur mana yang harus dilalui agar jarak yang ditempuh paling minimum ataupun biaya transportasi yang diperlukan paling minimum. Permasalahan seperti ini dapat diselesaikan dengan menggunakan algoritma shortest path, dimana daerah (kota) diwakili oleh vertex dan jarak atau biaya yang diperlukan diwakili oleh edge pada sebuah graph.Problema all-pairs shortest-path ditujukan untuk mencari shortest path dari semua pasangan simpul pada sebuah graph. Salah satu contoh penerapan problema ini yaitu dalam pembuatan tabel jarak terpendek antara semua pasangan kota dari suatu peta jalan. Algoritma Floyd-Warshall menggunakan bantuan struktur matriks, operasi perkalian matriks dan konsep dynamic programming untuk mencari all-pairs shortest path.Perangkat lunak mampu menampilkan proses kerja dari algoritma Floyd-Warshall secara terperinci tahap demi tahap. Selain itu, perangkat lunak juga menyediakan teori-teori yang berhubungan dengan algoritma Floyd-Warshall.

Copyrights © 2015